Tentang

Tentang Saya

Saya adalah makhluk hidup yang biasa-biasa saja, penuh dengan salah dan yah biasa-biasa aja, gak ada istimewanya. Jika adanya kesalahan teknis pada blog ini, tolong dikoreksi yah, saya juga sedang belajar menggunakan Static-site Generator.

Tentang Blog ini

Ikhtisar

Blog ini merupakan blog pribadi milik saya, tetapi yang saya bahas ini bukan sekadar tentang pribadi saya saja. Di blog ini, saya membahas apa yang ingin saya bahas.

Bukan apa-apa, namun mungkin blog ini agak nge-random pembahasannya, entah itu bikin tutorial, beropini, bikin catatan biar gak lupa atau sekadar bikin diari kalo niat.

Penggunaan Blog

Agar blog ini ‘hidup’ (bukan dalam artian makhluk hidup yah), maka saya perlu beberapa komponen yang membantunya.

Berikut ini adalah apa yang saya pakai untuk blog ini:

Kode Sumber Blog

Jika Anda menginginkan kode sumber untuk blog ini, entah untuk tujuan kontribusi, mempelajari blog ini atau lainnya, silakan kunjungi alamat URL berikut:

https://github.com/FarrelF/Blog

Atau, alamat URL berikut untuk kode sumber cerminnya:

https://gitlab.com/FarrelF/Blog

Kode Sumber tersebut saya lisensikan di bawah GNU AGPLv3, tetapi artikel di blog ini secara baku saya lisensikan di bawah CC BY-SA 4.0, kecuali jika ada yang dinyatakan sebaliknya.

Jadi, mungkin ada beberapa materi tertentu yang bisa saja diterbitkan di bawah lisensi yang berbeda (Contoh: Gambar/Media yang bersumber dari luar, dll) dan lisensi untuk materi-materi tersebut akan saya sebutkan di masing-masing Artikel dan Laman sebagai atribusi jika saya diizinkan untuk menggunakannya.

Informasi Kontak

Surel

  • farrel(at)franqois(dot)id (Surel Pribadi)
  • farrelf(at)pm(dot)me atau farrelf(at)protonmail(dot)com (Menggunakan Protonmail, “katanya” lebih aman dan lebih ramah privasi)

Media sosial/Perpesanan

Kunci Publik

Kunci PGP/GPG

Kunci PGP/GPG nantinya akan berguna buat Anda yang ingin mengirimkan pesan ke saya dengan lebih aman, serta dapat mengurangi kemungkinan untuk terbaca oleh orang lain karena memerlukan kunci pribadi saya untuk membukanya.

Berikut adalah informasi mengenai kunci GPG saya:

InformasiIsi Data
Atas NamaFarrel Franqois
Jenis KunciECC (Ed25519 dan Curve25519)
Masa Berlaku21 Januari 2026
ID Kunci (Pendek)0xA47AE59DC94ABF69 atau A47AE59DC94ABF69
ID Kunci (Panjang)A148 2DE3 7280 1F1A E00F 92E0 A47A E59D C94A BF69

Unduh kunci:

Kunci Publik SSH

Kunci ini akan berguna buat Anda yang ingin perangkatnya (seperti Komputer PC/Laptop, Server, Ponsel/Tablet, dll) diakses oleh saya melalui SSH atas izin dari Anda untuk keperluan apa pun, seperti menggunakan jasa/layanan dari saya yang memerlukan akses perangkat Anda, dll.

Anda dapat mengunduh ataupun melihat kunci-kunci publik tersebut melalui Akun GitHub saya.

Atau, selain melalui GitHub, Anda juga dapat mengunduhnya secara manual melalui tautan di bawah ini dengan jenis kunci yang berbeda-beda:

Kalau bisa, saya sarankan agar Anda menggunakan Ed25519 sebagai jenis kunci publiknya, selain karena paling kecil ukurannya ketimbang jenis kunci lainnya, kunci tersebut lebih cepat dalam memproses autentikasi SSH dan diklaim lebih aman juga.

Lalu, masukkan isi kunci-kunci tersebut ke dalam berkas .ssh/authorized_keys di perangkat Anda.

Memberi Dukungan/Menyawer

Anda bisa memberikan dukungan terhadap blog ini atau menyawer sejumlah uang Anda melalui beberapa cara berikut di bawah ini:

  • PayPal (Internasional)
  • Rekening Bank: (Atas Nama: OK Mohammad Edbert Farrel Franqois)
    • Bank Syariah Indonesia:
      • No. Rekening: 7203370703
      • Kode Bank: 451
      • Kode Swift: BSMDIDJA
    • Bank Digital BCA/BCA Digital/blu:*
      • No. Rekening: 001566549842
      • Kode Bank: 501
  • Kamu bisa nyawer ke saya melalui Saweria
  • Kamu bisa memberikan tip ke saya melalui Arxist
  • Mendaftar sebuah layanan memakai tautan afiliasi merupakan salah satu pemberian dukungan dari Anda tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan apapun untuk membayar sebuah layanan. Bahkan di halaman ini juga ada tautan afiliasinya, hehe 😁
*Keterangan:

Jika Anda ingin mentransfernya dari rekening BCA konvensional ke rekening BCA Digital/blu, pastikan pilih “Transfer Antar Bank”, bukan “Transfer ke Sesama BCA” atau “Transfer Antar Rekening”. Kenapa? Karena ini beda bank, meski termasuk dalam Grup BCA.

Jika ingin bebas biaya transfer, pastikan metode transfer yang Anda pilih adalah “Transfer Online” atau “Realtime Online”, bukan “BI-FAST”, karena transfer dengan BI-FAST tetap akan dikenakan biaya sebesar Rp2.500,00/transaksi.

Bagaimana dengan BCA Syariah? Sayangnya meski dalam satu grup yang sama (Grup BCA), BCA Syariah tetap dikenakan biaya seperti biasanya, baik dari BCA Syariah ke blu/BCA Digital atau sebaliknya, jadi saya sarankan untuk memakai BI-FAST sebagai metode transfernya atau memakai aplikasi transfer antar bank seperti Flip atau sejenisnya agar biayanya menjadi lebih murah.

Akhir Kata

Ya sudah, itu saja untuk halaman ini. Maaf kalau terlalu singkat, saya sendiri juga tidak terlalu niat-niat amat dalam mengurusi halaman ini sampai-sampai membuat kisah hidup saya di sini.

Halaman ini adalah tentang blog ini dan ringkasan mengenai saya, jadi saya buat secukupnya saja.

Semoga blog ini bermanfaat bagi Anda yang telah membaca artikelnya ^_^

Laman ini telah saya buat dibawah lisensi CC BY-ND 4.0
Terakhir diperbarui pada Minggu, 18 Desember 2022, pukul 03:09:55 WIB
Pembaruan pada Artikel/Laman ini mengikuti Commit f7c9fe4 di GitHub
Dibangun dengan Hugo
Tema Stack dirancang oleh Jimmy