Mode Gelap:  

Lisensi

Daftar Isi

Hak Cipta © 2019 Farrel Franqois <farrel(at)franqois(dot)id>

Pembukaan

Sebagai pembukaan, maka saya akan menjelaskan istilah yang paling dasar dan yang akan saya gunakan di dalam halaman ini, yaitu:

  • "Kode Sumber" (atau bisa di sebut dengan "Kode Program", bahasa Inggris nya: Source Code) dalam Ilmu Komputer adalah semua kumpulan kode yang di tuliskan oleh manusia (termasuk komentar nya) melalui bahasa pemrograman yang juga dapat di baca oleh manusia dan di tulis sebagai teks biasa.

  • "Perjanjian Lisensi" (atau bisa di sebut "Lisensi" saja, bahasa Inggris nya: License atau License Agreement) adalah sebuah Perjanjian atau Pemberian Izin yang bersifat 'Tertulis' dari Penulis/Pembuat untuk mengatur izin dari penggunaan, penyalinan, modifikasi, komersial dan mendistribusikan suatu karya ataupun kode sumber dari sebuah perangkat lunak yang nantinya akan di lakukan oleh Pengguna/Konsumen, yang akan menjadi "Penerima Lisensi".

  • "Penerima Lisensi" (Bahasa Inggris nya: Licensee) adalah seorang atau kelompok atau golongan yang menerima, menyetujui dan mematuhi "Perjanjian Lisensi". "Pengguna" atau "Konsumen" bisa menjadi "Penerima Lisensi", karena di haruskan untuk menerima, menyetujui dan mematuhi "Perjanjian Lisensi" sebelum akhirnya menggunakan suatu Karya untuk keperluan apapun.

  • "Anda" termasuk seorang "Pengguna" atau "Konsumen" yang mengunjungi, ingin menggunakan atau/dan ingin membuat turunan dari suatu Karya. Serta, "Anda" disini adalah seorang yang berhak untuk melakukan hal itu, namun di samping itu, Anda harus menuruti segala kewajiban yang ada disini sebagai ganti nya, untuk menyeimbangkan Hak dan Kewajiban. Jika Anda setuju dan mematuhi nya, maka secara otomatis Anda adalah "Penerima Lisensi".

Jadi, jika Anda ingin menurunkan, menggunakan, membagikan, memodifikasi, mempelajari dan menyalinkan nya dari salah satu/seluruh konten ataupun kode sumber yang ada di dalam blog ini, untuk keperluan apapun, termasuk keperluan komersial sekalipun, maka Anda harus tunduk kepada persyaratan/kewajiban yang berlaku disini untuk menghindari Tuntutan Pelanggaran Hak Cipta.

Sanggahan

Karena pembahasan ini berkaitan dengan "Hukum", maka saya sanggah bahwa saya bukanlah seorang "Pengacara", "Kuasa Hukum", "Ahli Hukum", Asisten atau/dan Rekan nya, serta saya bukanlah seorang yang memiliki profesi yang berkaitan dengan "Hukum".

Jadi, Lisensi dan segala yang berkaitan di dalam laman ini, hanya saya bahas berdasarkan "apa adanya" ("as-is" basis). Sehingga, saya tidak bisa menjamin bahwa semua pembahasan Lisensi dan Ringkasan nya disini itu sepenuh nya benar, karena mungkin saja penyampaian yang saya lakukan itu memiliki 'celah'/kesalahan.

Maka dari itu, saran saya, silahkan Anda bacakan kemudian pahami terlebih dahulu Teks Penuh dari Lisensi yang sedang saya gunakan, lalu konsultasi lah dengan "Pengacara", "Kuasa Hukum" "Ahli Hukum" atau/dan Professional lain nya 'terdekat' Anda untuk penjelasan lebih lanjut.

Lisensi yang di gunakan

Untuk semua konten di Blog ini

Semua konten yang ada di dalam blog ini, dan terjemahan nya (kecuali jika di nyatakan sebaliknya) di lisensi kan dengan Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa (Atau, bahasa Inggris nya: Attribution-ShareAlike) Internasional 4.0 (disingkat: CC BY-SA 4.0)

Persyaratan nya bisa Anda lihat/baca laman mengenai Lisensi tersebut dengan mengakses Alamat URL Berikut ini:

https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Untuk Kode Sumber Blog dan Tema nya

Sedangkan, untuk kode sumber blog ini saya lisensi kan dengan GNU Affero General Public License v3 (GNU AGPLv3), untuk mengetahui isi Lisensi nya, bisa Anda lihat/baca berkas yang bernama LICENSE di dalam Kode Sumber nya. Atau, kalau Anda lebih suka membaca nya melalui Situs Web Resmi nya langsung, bisa Anda kunjungi Alamat URL nya berikut di bawah ini:

https://www.gnu.org/licenses/agpl-3.0.html

Pengecualian berlaku terutama untuk semua berkas yang berada di dalam folder content pada Kode Sumber (kecuali jika di nyatakan sebaliknya), yang di lisensi kan dengan Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa (Atau, bahasa Inggris nya: Attribution-ShareAlike) Internasional 4.0 (disingkat: CC BY-SA 4.0).

Terakhir, untuk kode sumber tema yang saya gunakan dan saya modifikasi, itu saya lisensi kan dengan Lisensi MIT. Untuk mengetahui isi Lisensi nya, bisa Anda lihat/baca berkas yang bernama LICENSE di dalam Kode Sumber nya.

Ringkasan Lisensi

Untuk Blog ini dan konten nya

Berdasarkan dari Lisensi yang saya gunakan di atas untuk Blog ini dan seluruh konten yang berada di dalam nya, maka Anda berhak/mempunyai hak untuk melakukan:

  • Menggunakan Blog ini atau/dan konten-konten nya dengan bebas.

  • Memodifikasikan Blog ini atau/dan konten-konten nya dengan bebas.

  • Menyalinkan atau/dan menggandakan Blog ini atau/dan konten-konten nya dengan bebas.

  • Mempublikasikan atau/dan Mendistribusikan ulang blog ini atau/dan konten-konten nya, baik itu dalam bentuk salinan atau/dan hasil modifikasi atau/dan membuat turunan dari blog ini atau/dan konten-konten nya.

Anda dapat melakukan semua hal di atas untuk keperluan apapun, termasuk keperluan komersial sekalipun. Serta, semua hal di atas dapat Anda lakukan dengan Tanpa Batas, baik itu Tanpa Batas Waktu, Jumlah, dan tanpa batas maksimum dan minimum, serta tanpa batasan hak lain nya.

Namun, dengan syarat, Anda harus memenuhi semua kewajiban nya terlebih dahulu sebelum melakukan nya. Berikut di bawah ini kewajiban yang harus Anda lakukan:

  • Memberikan Atribusi dengan mencantumkan Sumber Asli dan Nama Pemilik Hak Cipta yang asli nya.

  • Penggunaan jaringan adalah salah satu upaya dari Distribusi.

  • Memberikan kebebasan yang sama kepada pengguna lain nya dengan menggunakan Lisensi yang sama atau sama persis atau mirip atau/dan kompatibel dengan yang Lisensi Asli nya pada Kode Sumber atau Blog atau/dan konten-konten nya yang telah Anda distribusikan.

  • Anda harus meng-ungkapkan atau memberitahukan Kode Sumber nya ketika kamu mendistribusi kan hasil modifikasi atau/dan turunan Kode Sumber dari Blog ini.

Untuk Tema Blog ini

Untuk tema nya, Hak yang Anda dapatkan pada tema sama dengan Hak apa yang Anda dapatkan pada Blog ini atau/dan konten-konten nya, namun dengan tambahan sebagai berikut:

  • Men-sublisensikan atau/dan menggabungkan Kode Sumber nya dengan bebas, tanpa batasan hak.

Anda dapat melakukan semua hal di atas untuk keperluan apapun, termasuk keperluan komersial sekalipun. Serta, semua hal di atas dapat Anda lakukan dengan Tanpa Batas, baik itu Tanpa Batas Waktu, Jumlah, dan tanpa batas maksimum dan minimum, serta tanpa batasan hak lain nya.

Namun, dengan syarat, Anda harus memenuhi semua kewajiban nya terlebih dahulu sebelum melakukan nya. Berikut di bawah ini kewajiban yang harus Anda lakukan:

  • Memberikan Atribusi dengan mencantumkan Sumber Asli dan Nama Pemilik Hak Cipta yang asli nya.

Persetujuan

Perjanjian Lisensi ini akan berlaku selama Anda mengunjungi, menggunakan atau/dan membuat turunan blog ini (baik kode sumber ataupun konten nya). Selama Anda melakukan salah satu atau lebih dari ke-tiga itu, maka Anda harus menerima Perjanjian Lisensi yang ada disini.

Jadi, setuju/tidak setuju, baca/tidak baca, maka Anda harus siap untuk menyetujui dan menerima nya, karena ini berlaku selama Anda masih ingin menggunakan blog ini.

Jika Anda tidak menyetujui atau/dan menerima nya, silahkan jangan buat turunan dari/menggunakan Blog ini atau/dan konten-konten nya untuk keperluan Anda, apapun itu, namun Anda masih bisa/diperbolehkan untuk membaca atau mengunjungi Blog ini.

Penutup

Baiklah, sekian untuk Halaman Lisensi ini, semoga Anda memahami dan memaklumi adanya Perjanjian seperti ini. Dan, semoga Anda bisa mentaati nya untuk kebaikan bersama dan Anda juga.

Terima kasih atas perhatian nya dari Anda :blush:

Pos sebuah Komentar