Lisensi

Daftar Isi

Hak Cipta © 2019 Farrel Franqois <farrel(at)franqois(dot)id>

Pembukaan

Sebagai pembukaan, maka saya akan menjelaskan istilah yang paling dasar dan yang akan saya gunakan di dalam halaman ini, yaitu:

  • "Digital" dalam Teknologi merupakan sebuah teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data dalam dua kondisi, yakni: Positif dan Non-positif. Paling sering, teknologi digital ini di gunakan oleh media komunikasi atau media jaringan untuk berkomunikasi, seperti Fiber Optic dan Satelit. Selain media komunikasi, teknologi digital juga telah di gunakan dan di manfaatkan oleh seluruh perangkat yang ada sekarang ini, seperti Laptop/Komputer, Telepon Genggam/Pintar, Televisi, dll.

  • "Karya" adalah sebuah hasil dari pekerjaan, perbuatan atau hasil ciptaan dari seseorang yang membuat nya, yang di sebut dengan "Penulis", "Pembuat" dan "Pekerja". Secara Ciptaan, "Karya" sendiri terdiri dari: "Karya Seni", "Karya Sastra", "Karya Rekam", dan "Karya Cetak". "Karya Digital" termasuk dalam sebuah "Karya", namun itu di bagian 'Teknologi' dalam sebuah Karya.

  • "Karya Digital" (Bahasa Inggris nya: Digital Works) adalah sebuah Karya yang di buat oleh Penulis/Pembuat yang di sebarkan secara digital atau melalui teknologi digital/perangkat digital, seperti melalui Internet adalah salah satu contohnya. Blog ini merupakan salah satu contoh dari "Karya Digital".

  • "Penulis" atau "Pembuat" adalah seorang atau kelompok atau golongan yang membuat atau menuliskan suatu/sebuah "Karya". Saya adalah salah satu "Penulis" atau "Pembuat" Karya. Karya yang saya buat adalah Blog ini, yang juga termasuk "Karya Digital".

  • "Perjanjian Lisensi" (atau bisa di sebut "Lisensi" saja, bahasa Inggris nya: License atau License Agreement) dalam "Karya Digital" adalah sebuah Perjanjian atau Pemberian Izin yang bersifat 'Tertulis' dari Penulis/Pembuat untuk mengatur izin dari penggunaan, penyalinan, modifikasi, komersial dan mendistribusikan suatu karya digital ataupun kode sumber nya yang nantinya akan di lakukan oleh Pengguna/Konsumen, yang akan menjadi "Penerima Lisensi".

  • "Penerima Lisensi" (Bahasa Inggris nya: Licensee) adalah seorang atau kelompok atau golongan yang menerima, menyetujui dan mematuhi "Perjanjian Lisensi". "Pengguna" atau "Konsumen" bisa menjadi "Penerima Lisensi", karena di haruskan untuk menerima, menyetujui dan mematuhi "Perjanjian Lisensi" sebelum akhirnya menggunakan suatu Karya Digital untuk keperluan apapun.

  • "Anda" termasuk seorang "Pengguna" atau "Konsumen" yang mengunjungi, ingin menggunakan atau/dan ingin membuat turunan dari suatu Karya Digital. Serta, "Anda" disini adalah seorang yang berhak untuk melakukan hal itu, namun di samping itu, Anda harus menuruti segala kewajiban yang ada disini sebagai ganti nya, untuk menyeimbangkan Hak dan Kewajiban. Jika Anda setuju dan mematuhi nya, maka secara otomatis Anda adalah "Penerima Lisensi".

Jadi, jika Anda ingin menurunkan, menggunakan, membagikan, memodifikasi, mempelajari dan menyalinkan nya dari salah satu/seluruh konten ataupun kode sumber yang ada di dalam blog ini, untuk keperluan apapun, termasuk keperluan komersial sekalipun, maka Anda harus tunduk kepada persyaratan/kewajiban yang berlaku disini untuk menghindari Tuntutan Pelanggaran Hak Cipta.

Perjanjian Lisensi

Semua konten yang ada di dalam blog ini, dan terjemahan nya (kecuali jika di nyatakan sebaliknya) di lisensi kan dengan Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa (Atau, bahasa Inggris nya: Attribution-ShareAlike) Internasional 4.0 (disingkat: CC BY-SA 4.0)

Persyaratan nya bisa Anda lihat/baca laman mengenai Lisensi tersebut dengan mengakses Alamat URL Berikut ini:

https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Sedangkan, untuk kode sumber blog ini saya lisensi kan dengan GNU Affero General Public License v3 (GNU AGPLv3), untuk mengetahui isi Lisensi nya, bisa Anda lihat/baca berkas yang bernama COPYING di dalam Kode Sumber nya. Atau, kalau Anda lebih suka membaca nya melalui Situs Web Resmi nya langsung, bisa Anda kunjungi Alamat URL nya berikut di bawah ini:

https://www.gnu.org/licenses/agpl-3.0.html
Terakhir, untuk kode sumber tema yang saya gunakan dan saya modifikasi, itu saya lisensi kan dengan Lisensi MIT. Untuk mengetahui isi Lisensi nya, bisa Anda lihat/baca berkas yang bernama LICENSE di dalam Kode Sumber nya.

Persetujuan

Perjanjian Lisensi ini akan berlaku selama Anda mengunjungi, menggunakan atau/dan membuat turunan blog ini (baik kode sumber ataupun konten nya). Selama Anda melakukan salah satu atau lebih dari ke-tiga itu, maka Anda harus menerima Perjanjian Lisensi yang ada disini.

Jadi, setuju/tidak setuju, baca/tidak baca, maka Anda harus siap untuk menyetujui dan menerima nya, karena ini berlaku selama Anda masih ingin menggunakan blog ini.

Jika Anda tidak menyetujui atau/dan menerima nya, silahkan jangan buat turunan dari/menggunakan Blog ini, dan kalau bisa, lebih baik juga untuk tidak mengunjungi Blog ini.

Penutup

Baiklah, sekian untuk Halaman Lisensi ini, semoga Anda memahami dan memaklumi adanya Perjanjian seperti ini. Dan, semoga Anda bisa mentaati nya untuk kebaikan bersama dan Anda juga.

Terima kasih atas perhatian nya dari Anda :blush: