Kode Sumber

Karena saya memberikan kebebasan pada blog ini kepada Anda. Sehingga, bukan hanya Kode Sumber saja yang bisa Anda dapatkan, Anda juga bebas menggunakan, mempelajari, memodifikasi, menyalin dan mendistribusikan ulang kepada Keluarga, Tetangga, Teman atau Rekan kamu untuk keperluan apapun termasuk keperluan komersial sekalipun sesuai dengan filosofi Perangkat Lunak Bebas.

Kode Sumber nya ini di bagi menjadi dua, yakni Kode Sumber untuk Blog nya, dan yang satu nya adalah Kode Sumber untuk Tema yang di gunakan nya (yang telah saya modifikasi dari Asli nya). Silahkan Anda peroleh dengan cara berikut:

I. Kode Sumber Blog

Kode Sumber untuk Blog ini telah saya simpan di dalam GitHub, untuk melihat/memperoleh nya, silahkan kunjungi Alamat URL untuk Repository Git nya di bawah ini:

https://github.com/FarrelF/FarrelF-Blog
Atau, kalau kamu lebih suka meng-clone nya secara langsung, maka kamu dapat meng-clone nya dengan perintah berikut:

$ git clone https://github.com/FarrelF/FarrelF-Blog.git
Kode Sumber Blog ini saya lisensi kan dengan GNU Affero General Public License v3 (GNU AGPLv3), yang merupakan lisensi Copyleft. Jadi, pastikan Anda mendistribusikan nya dengan menggunakan Lisensi yang sama dengan Lisensi dari Kode Sumber Asli nya dan juga mencantumkan Hak Cipta nya juga, yah :slightly_smiling_face:

Untuk lebih lanjut, silahkan kunjungi laman Lisensi.

II. Kode Sumber Tema

Kode Sumber untuk Tema Blog ini telah saya simpan di dalam GitHub. Sebenarnya, kode sumber di bawah ini merupakan fork dari yang asli nya, sehingga Tema yang saya gunakan dengan kode sumber di bawah ini merupakan hasil modifikasi dari Asli nya.

Untuk melihat/memperoleh nya, silahkan kunjungi Alamat URL untuk Repository Git nya di bawah ini:

https://github.com/FarrelF/Modified-Flex
Atau, kalau kamu lebih suka meng-clone nya secara langsung, maka kamu dapat meng-clone nya dengan perintah berikut:

$ git clone https://github.com/FarrelF/Modified-Flex.git
Kode Sumber Tema ini saya lisensi kan dengan Lisensi MIT, sesuai dengan Tema Asli nya, yang merupakan lisensi Permissive. Jadi, pastikan Anda mencantumkan Hak Cipta nya juga, yah :slightly_smiling_face:

Untuk lebih lanjut, silahkan kunjungi laman Lisensi.

Pertanyaan dan Jawaban

Apakah kedua Kode Sumber di atas merupakan 100% Bebas?

Tidak bisa di bilang bahwa kedua Kode Sumber di atas itu Bebas Seluruh nya (100% Bebas), terutama untuk Blog nya, karena di dalam blog ini telah terpasang Google Analytics dan juga Google AdSense, yang merupakan Perangkat Lunak Berpemilik (Proprietary Software).

Selain itu, di mesin pencarian juga saya masih menggantung kan nya pada Google CSE ("Custom Search Engine", itupun kalo ada) yang bukan merupakan Perangkat Lunak Bebas.

Tapi, Anda juga bisa bebas menghapus semua itu dengan memodifikasi nya, sehingga Anda bisa membuat Tema yang sepenuhnya bebas oleh Anda sendiri. Itu terserah Anda, apakah Anda ingin mengutamakan "kebebasan" pada Blog Anda atau mengutamakan fitur pada Blog Anda? Saya rasa, itu juga bukan urusan saya, sih.